Jumat, 23 November 2012

Game


 Game outbound
Titanic ( Folding Karpet )







Ini adalah salah satu permainan yang biasanya sering dilakukan saat permainan dalam OutBound. Jenis permainan ini dikategorikan sebagai permainan yang sederhana dan tidak memerlukan banyak barang. Permainan ini hanya membutuhkan sebuah karpet, terpal atau semacamnya dengan ukuran 1x1 meter ( berbentuk persegi ). Atau jika bisa ukurannya disesuaikan dengan jumlah peserta
maupun tingkat kesulitan yang diinginkan. Jika pesertanya banyak maka karpet juga harus lebih luas. Sebenarnya permainan sangat mudah akan tetapi sulit untuk dilakukan. Karena permainan ini sangat memerlukan kekompakan, kerjasama, rasa saling menjaga dan tolong menolong antar team dalam mempertahankannya.
Tujuan dibentuknya permainan TITANIC ini adalah Berstrategi di dalam membagi kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan tim.



Tujuan dalam permainan TITANIC


A. Kerjasama team
B. Mengatur cara kerja yang efektif
C. Pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat,       
    kekompakan antar anggota team.






Syarat dan Cara Bermain TITANIC

1. Alat yang dibutuhkan:
- Terpal/ karpet/ semacamnya dengan ukuran 1 meter berbentuk  
   persegi (kotak).
- Stopwatch atau sejenis alat penghitung waktu laiinya seperti    jam dan lain sebagainya.
- Peluit.
2. Satu team terdiri dari 6-10 orang. Bisa juga ditambahkan jika ingin lebih banyak peserta lagi.
3. Cara bermain dalam permainan TITANIC:
- Setiap regu yang terdiri dari 6-10 orang ini akan bersatu dan berkumpul menjadi satu dalam satu karpet kecil yang hanya berukurang 1 meter saja. Mula-mula wasit akan meniupkan peluit pertama. Ketua dari masing-masing team tersebut harus berlomba lari untuk mengambil karpet yang ada di ujung lapangan. Kemudian mebawanya balik untuk diisi oleh anggotanya. Mereka semua harus bisa bertahan dan cukup di atas karpet tersebut. Setelah ada aba-aba kedua dari wasit baru mereka semua harus bisa mebalikkan karpet tersebut tanpa menyentuh tanah dan keluar dari karpet entah bagaimanapun caranya. Barang siapa yang dapat bertahan dan dapat mebalikkan karpet tersebut dengan benar maka dialah pemenangnya. Akan tetapi, jika ada salah satu diantara mereka ada yang keluar kakinya ataupun jatuh. Mereka semua harus didiskualifikasi dari permainan.

Petunjuk Dalam Bermain TITANIC:

A. Pertama-tama bentuklah suatu team yang tediri dari 6-10 orang.
B. Setelah itu, semua membentuk lingkaran sambil mengatur strategi dan menunggu wasit mebunyikan peluit yang pertama.
C. Setelah wasit meniupkan peluitnya yang pertama, semua ketua team harus berlari mengambil karpet yang telah disediakan yang berada di ujung lapangan.
D. Setelah itu, ketua membuka karpetnya kemudian anggotanya masuk ke dalam dan berdiri di atas karpet tersebut.
E. kemudian wasit meniupkan peluit yang kedua. Para peserta pun harus berusaha bagaimana caranya agar karpet yang mereka tempati itu harus bisa terbalik tanpa harus jatuh ataupun keluar dari karpet tersebut.
F. Barang siapa yang kelompoknya bisa mempertahankan dan bisa membalikkan karpetnya dengan benar maka mkelompok itulah yang menang.







Larangan dalam permainan TITANIC:

1. Kakinya dilarang keluar dari karpet/ terpal
2. Kakinya menyentuh tanah
3. Berbuat curang dengan sengaja membalikkan karpet/terpal
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar